Nuffnang Ads

22 Ogos 2010

Fakta : Air Mata,Air telinga,Air Liur



Mengapa air telinga itu pahit rasanya, air mata asin rasanya sedangkan air liur tawar rasanya?

Mungkin terkadang kita tidak menyedari hal-hal yang ada pada panca indera kita. Dan ini hanyalah sekecil hikmah dari segala keajaiban yang ada pada tubuh kita.

Sudah merupakan ketentuan Allah Subhanahu Wa Ta’ala bahwasannya air telinga atau kotoran telinga yang dalam bahasa kedoktoran disebut serumen itu pahit sekali rasanya, fungsinya agar setiap haiwan-haiwan tidak dengan mudah masuk ke dalam rongga telinga. Setiap kali haiwan berusaha masuk kedalamnya pastilah segera mencari jalan keluar. Selain itu juga kalau anda terlalu rajin membersihkan kotoran telinga akan membuat liang telinga kering, gatal dan mudah terinfeksi.

Allah juga menciptakan air mata rasanya masin, tujuannya agar dapat menjaga kesihatan mata. Sebab lemak yang ada pada mata mudah sekali rosak, maka air mata pun diciptakan asin untuk memelihara keduanya.

Berikut penjelasannya :

Air mata atau yang kita sebut lapisan air mata itu sebenarnya terdiri dari tiga lapis.

Jadi lapisan air mata yang pertama namanya lapisan mukus yang melapisi langsung kornea, dan membentuk pondasi agar lapisan air mata melekat pada mata.

Lapisan kedua yang berada di bagian tengah ialah lapisan akuos, yang berfungsi menyuplai oksigen dan zat-zat penting lainnya yang berguna untuk nutrisi kornea. Selain itu, lapisan akuos juga berfungsi untuk melembabkan mata. Lapisan akuos 98% terdiri dari air, dan komposisi lainnya ialah garam, protein dan senyawa lainnya.

Sedangkan lapisan yang terluar atau ketiga ialah lapisan lemak, yaitu berupa lapisan berminyak yang berfungsi untuk mencegah penguapan.

Ketiga lapisan air mata ini diproduksi oleh berbagai kelenjar dalam mata. Lapisan akuos diproduksi oleh kelenjar lakrimal yang berlokasi di samping luar kelopak mata atas. Kelenjar-kelenjar lemak dan kelenjar keringat di kelopak juga membantu produksi dari lapisan mukus dan lapisan lemak. Apabila kita berkedip, maka kelopak mata akan menyebarkan lapisan air mata di seluruh permukaan mata.

Dan Allah menciptakan air liur itu rasanya tawar agar dapat mencicipi berbagai jenis rasa sesuai dengan rasa aslinya. Sebab bila rasanya tidak tawar tentunya setiap rasa akan berubah, misalnya orang yang air liurnya menjadi pahit karena sakit maka segala sesuatu yang dicicipinya menjadi pahit padahal sebenarnya tidak pahit.

Tiada ulasan: