Nuffnang Ads

20 Ogos 2010

Memeriksa Sendiri Jantung Anda




Mengetahui jantung masih barfungsi dengan bagus atau tidak,tipsnya mudah iaitu cukup dengan menyentuh hujung jari kaki. Jika tubuh Anda masih fleksibel untuk menyentuh jari kaki, bererti jantung Anda masih cukup sihat.

Dalam jurnal Heart and Circulatory Physiology disebutkan bahwa dengan mennyentuh salah satu elemen tubuh (jari kaki), seseorang akan mengetahui jantungnya masih sihat atau tidak,

Caranya mudah, cukup dengan duduk di lantai dengan kaki diluruskan ke depan dan jari kaki mengarah ke atas. Setelah itu cubalah menjangkau dan menyentuh ujung jari kaki dengan tangan. Jika Anda cukup fleksibel untuk menyentuh jari kaki ertinya jantung Anda masih sihat dan fleksibel juga.

Mereka yang gagal dalam ujian fleksibilitas tubuh dan gagal mencapai hujung jari kaki ternyata memiliki pembuluh darah yang kaku, dan artinya kemampuan jantung menjadi kurang baik, efisien dan risiko penyakit jantung pun meningkat.

Dr Yamamoto dari jepun mengatakan, meski teori antara hubungan otot punggung dan kaki dengan otot di dekat jantung masih samar-samar, tapi dengan adanya kajian ini cukup membantu.

Kekakuan otot punggung, kaki dan pembuluh jantung yang saling berhubungan tersebut dikarenakan komposisi kolagennya yang sama.

Namun Yamamoto menyebutkan tidak selamanya otot kaku adalah pertanda penyakit jantung, hanya mungkin jantungnya kurang fit dan sehat saja dari yang seharusnya.

Namun Untuk memastikan Jantung anda berfungsi dengan baik ataupun tidak adalah dengan berjumpa kepada yang pakar jantung di hospital ini lebih baik...sekadar berkongsi

Tiada ulasan: